PENDIDIKAN AGAMA D3 GIZI
- Nur Kholis |
Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam dengan kode GZ510224 adalah salah satu Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum (MKWK) D3 Gizi Poltekkes Kemenkes Riau yang bertujuan memberikan penguasaan pengetahuan dan keterampilan tentang Tuhan Yang Maha Esa dan Filsafat Ke-Tuhanan, Keimanan dan Ketaqwaan, Hakikat Manusia, Kesadaran untuk Taat Hukum Tuhan, Akhlak Mulia dalam Kehidupan, Kewajiban Menuntut & Mengamalkan IPTEKS, Kerukunan Antar Umat Beragama, Peranan Agama dalam Mewujudkan Persatuan Bangsa, Akidah dan Ruang Lingkupnya serta Sejarah Perkembangan Agama di Indonesia. Kompetensi yang akan dicapai dan dikuasai oleh mahasiswa yiatu membentuk mahasiswa yang mampu melaksanakan manajemen pelayanan asuhan gizi pada daur kehidupan secara individu, kelompok, maupun komunitas/ masyarakat dengan kondisi khusus tanpa komplikasi dengan penekanan pada kesehatan jantung, menggunakan prosedur skrining gizi dan Proses Asuhan Gizi Terstandart (PAGT) sesuai standar profesi, dilandasi sikap tanggung jawab, taat hukum, kerjasama lintas program dan lintas sektor, sikap toleransi dan sikap profesional berdasarkan Pendidikan Agama Islam. Pada mata kuliah ini proses pembelajaran dilakukan dengan blended learning dengan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method). Blended learning dilaksanakan secara luring di kelas, sedangkan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting / Google Meet dan/atau LMS Poltekkes Kemenkes Riau di https://scele.pkr.ac.id/. Penilaian Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam bersumber dari penyelesaian kasus, keaktifan di kelas, tugas membuat ringkasan / esai, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester yang mencerminkan CPL sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dibebankan pada mata kuliah.
Course Information
CPMK
Mampu melaksanakan program edukasi dan promosi gizi, pada individu, kelompok dan masyarakat melalui analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi terutama untuk kesehatan jantung sesuai standar profesi, dilandasi sikap toleransi dan kerjasama.
Bahan Kajian
- Tuhan Yang Maha Esa dan Filsafat Ke-Tuhanan
- Keimanan dan Ketaqwaan
- Hakikat Manusia
- Kesadaran untuk Taat Hukum Tuhan
- Akhlak Mulia dalam Kehidupan
- Kewajiban Menuntut & Mengamalkan IPTEKS
- Kerukunan Antar Umat Beragama
- Peranan Agama dalam Mewujudkan Persatuan Bangsa
- Akidah dan Ruang Lingkupnya
- Sejarah Perkembangan Agama di Indonesia
Metode Pembelajaran
Pada mata kuliah ini proses pembelajaran dilakukan dengan blended learning dengan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method). Blended learning dilaksanakan secara luring di kelas, sedangkan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting / Google Meet dan/atau LMS Poltekkes Kemenkes Riau di https://scele.pkr.ac.id/.
Referensi
- Al Qur’an
- Al Hadits
- Ali Nurdin dkk. 2018. Pendidikan Agama Islam. Tangerang: Universitas Terbuka.
- Bakhtiar Nurhasanah. 2018. Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: Aswaja Presindo
- Imam Syafe’I dkk. 2012. Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi, Jakarta: Raja Grafindo
- Moch Tolhah dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Surabaya: ITATS
- Nurwardani dkk. 2016. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenkristek Dikti
- Hadiyanto dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Fikra Publika
- Darwin dkk. 2015. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, Gorontalo: Ideas Publishing
- Sholihul Huda dkk. 2020. Pendidikan Agama Islam. Surabaya: PPAIK
- Karmawan dkk. 2021. Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Tangerang: Insania
Dosen
Nur Kholis, M.Pd.
Evaluasi
Komponen Penilaian |
Presentase |
CPMK (100%) |
|
28 |
28 |
|
28 |
28 |
Kognitif/Pengetahuan
|
14 15 15 |
44 |
Total |
100 |
100 |
Coaches
Nur Kholis